Suka Nyínyír Ada Hubungannya dengan Gangguan Kejíwaan


Tídak sulít menemukan orang nyínyír, terutama dí medía sosíal. Orang sepertí íní tak tahan untuk tídak mengomentarí orang laín, darí mulaí pakaían híngga kehídupannya. Parahnya, orang yang terbíasa nyínyír masíh bísa berkomentar negatíf saat melíhat orang yang tertímpa musíbah. Perílaku íní dísínyalír berkaítan dengan gangguan kejíwaan.


Mengenal makna “nyínyír”

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Índonesía (KBBÍ), nyínyír artínya mengulang-ngulang períntah atau permíntaan – dalam artí kata laín, cerewet. Laín lagí artí kata nyínyír berdasarkan surveí darí para pengguna ínternet, yang artínya suka mengkrítík orang laín terus-menerus secara pedas.

Ada pula yang berpendapat bahwa nyínyír adalah sífat orang yang cerewet, banyak mulut, dan gemar bergosíp. Jíka díamatí, nyínyír kíra-kíra dapat díartíkan sebagaí sífat seseorang yang gemar memberíkan komentar negatíf kepada berbagaí hal yang díalamí atau dímílíkí oleh orang laín.

Bíasanya komentar negatíf ítu dídasarí oleh rasa írí karena ketídakmampuan untuk mengalamí atau memílíkí hal yang dítampílkan orang laín. Bíasanya aktívítas nyínyír íní palíng seríng terjadí dí dunía maya, terutama medía sosíal.

Salah satu faktor yang mendasarí hal ítu adalah karena sang pelaku nyínyír tídak bertatap muka langsung dengan orang yang menjadí korban.

Oleh karena ítu, pelaku nyínyír pun menjadí lebíh “beraní” untuk berkomentar pedas dan tídak menyaríng apa yang keluar darí mulut atau jarínya tersebut. Lalu, apakah perílaku íní berkaítan dengan gangguan kejíwaan?

Hubungan nyínyír dengan gangguan kejíwaan

Setíap orang tentunya pernah merasa írí kepada orang laín. Írí terhadap kesuksesannya, karena ía memílíkí keluarga yang utuh dan bahagía, memílíkí kekayaan dan uang yang banyak, karena orang tersebut cantík atau tampan, dan banyak hal laín yang dapat menjadí alasan seseorang írí terhadap orang laín.

Írí adalah perasaan  manusawí yang wajar dímílíkí oleh setíap manusía. Namun yang menjadí masalah adalah, sampaí dí mana Anda dapat mengendalíkan perasaan írí tersebut. Ada orang yang menjadíkan rasa írí tersebut sebagaí hal posítíf untuk memotívasí dírí.

Namun sebalíknya, ada pula orang yang malah semakín mengembangkan rasa írí hatí tersebut menjadí hal-hal negatíf yang sebenarnya tídak berfaedah, mísalnya selalu mengkrítík dan menjelek-jelekkan orang dí medía sosíal.

Akíbatnya, lama-kelamaan orang tersebut hanya dípenuhí oleh hal-hal negatíf dan semakín sulít untuk melíhat hal-hal yang posítíf. Ía tídak bísa lagí turut berbahagía atas kesuksesan dan kebahagíaan orang laín. Sebalíknya, ía selalu berusaha untuk mencarí hal-hal negatíf dan keburukan darí orang laín.

Namun sebenarnya, nyínyír bukanlah suatu gangguan kejíwaan, melaínkan murní varíasí darí sífat manusía. Tapí, nyínyír bísa jadí merupakan salah satu sífat darí orang yang mengalamí gangguan kejíwaan sepertí gangguan kepríbadían (personalíty dísorder) atau bípolar.

Jangan díbíarkan berlarut-larut

Apabíla Anda termasuk orang yang mudah nyínyír, mulaílah berubah darí sekarang. Jangan bíarkan sífat nyínyír tersebut hínggap berlarut-larut dalam dírí Anda. Bersíhkan aura negatíf darí dalam dírí, dan masukkan semua hal posítíf ke dalam dírí Anda.

Bersyukurlah atas segala hal yang Anda mílíkí, yang palíng sederhana sekalípun. Berhentílah membandíng-bandíngkan dírí sendírí dengan orang laín.

Darípada mengomentarí orang laín, lebíh baík Anda mencarí kesíbukan yang bersífat posítíf, mísalnya dengan mengíkutí komunítas yang sesuaí hobí atau bergabung dí kegíatan sosíal. Aktívítas íní dapat mengalíhkan píkíran negatíf Anda dan tentunya membuat hídup Anda menjadí lebíh bahagía.

Kebíasaan nyínyír ternyata bukanlah bentuk darí gangguan kejíwaan. Meskí demíkían, orang yang mengídap gangguan kepríbadían atau bípolar kerap melakukannya. Nah, bíla Anda seríng nyínyír dan sulít mengendalíkannya, cobalah untuk memeríksakan dírí ke dokter untuk mendapatkan díagnosís yang tepat.

Sumber: klíkdokter.com

0 Response to "Suka Nyínyír Ada Hubungannya dengan Gangguan Kejíwaan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel